Urban News

Wacana Pemindahan Ibu Kota Negara Akan Dilaksanakan Tahun 2018

Kondisi kepadatan Ibukota Negara Indonesia di Jakarta. (Urban News Indonesia/Marselinus).

JAKARTA, URBAN NEWS INDONESIA ­­Rencana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta kembali diperbincangkan. Wacana yang mulai dibahas sejak kepemimpinan Presiden Soekarno, kini lebih serius dikaji oleh pemerintah di era Presiden Jokowi.

Semakin padatnya Kota Jakarta menjadi alasan rencana pemindahan ibu kota ke. Rencananya daerah yang akan dipilih harus diluar dari Pulau Jawa agar terjadi pemerataan pembangunan ekonomi.

Palangkaraya, Kalimantan Tengah digadang-gadang sebagai salah satu pilihan tempat untuk ibu kota negara yang baru. Meski demikian, Jakarta akan tetap dijadikan sebagai pusat  bisnis.

Pemerintah sedang mengkaji mengenai penentuan lokasi yang paling tepat, pendanaan, maupun penataan kota. Pemerintah akan merampungkan semua persiapan secara detail sampai akhir tahun 2017 ini.

“Kita berharap rencana pemindahan pusat administrasi pemerintahan sudah mulai pada tahun 2018,” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, di Jakarta (3/7/2017).

Bambang menuturkan kajian serius ini akan dilasanakan Bappenas bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan kementerian lainnya. [UNI/MARSELINUS]

Related Posts