Urban News

Ani Yudhoyono Dimakamkan, Kubu Prabowo-Sandi Tak Hadir

Acara Pemakaman Ibu Negara Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. (Foto : Jakartapedia.id).

Jakarta, URBAN NEWS INDONESIA – Ibu Negara Kristiani Herrawati Yudhoyono meninggal dunia di Singapura dan telah dibawah ke Indonesia. Setelah disemayamkan di kediamannya (Rumah Cikeas), perempuan yang akrab dipanggil Ani Yudhoyono ini akhirnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata setelah proses upacara pemakaman yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu (2/6/2019) kemarin.

Pemakaman istri Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini dihadiri oleh tokoh-tokoh besar diantaranya Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Sinta Nuriyah (istri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid), Try Sutrisno, dan Boediono.

Namun, dilansir dari Jakartapedia.id, acara pelepasan jenazah Ani Yudhoyono ini ternyata tidak dihadiri oleh Prabowo Subianto yang merupakan salah satu tokoh besar Indonesia. Prabowo juga merupakan sahabat dekat sekaligus teman koalisi SBY pada Pilpres 2019.

Lantas, ketidakhadiran kubu 02 Prabowo-Sandi dipertanyakan oleh beberapa tokoh diantaranya Politikus Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir. Inas mengungkapkan Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, seharusnya sudah mampu membuka hati dan pikiran siapapun untuk jernih dan menanggalkan polemik politik antar kubu paslon pada Pilpres 2019 lalu.

“Wafatnya Ibu Ani seharusnya semakin membuka hati kita untuk melupakan adanya perselisihan pilpres, karena jabatan tidak punya arti apa-apa dalam kehidupan kita,” ungkapnya seperti dilansir Senin (3/6/2019).

Sayangnya, kata Inas, Kubu Paslon 02 seolah tidak menghormati berpulangnya salah seorang Ibu Bangsa yang keluarganya pada saat pilpres telah berjuang habis-habisan untuk Prabowo-Sandi. “Apakah Allah SWT sedang membuka mata rakyat Indonesia tentang siapa sebenarnya Prabowo Subianto? Wallahualam!” kata Inas.

Diketahui Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sedang berada di luar negeri. Namun Inas mempertanyakan pentolan kubu 02 lainnya yang juga tak hadir di pemakaman.

“Lho yang keluar negeri, kan Prabowo-Sandi bukan? Lalu kemana Djoko Santoso? Amien Rais? Habiburokhman, dan lainnya? Termasuk Anies Baswedan! Kemana? Kemana Yusuf Martak, Haikal dan Aa Gym?” kata Inas bertanya.

Lebih lanjut, Inas menambahkan jangan karena SBY mengatakan bahwa setelah pengumuman KPU maka koalisi demokrat selesai, lalu tidak lagi mau bersahabat dan bersilaturahmi.

Selain Inas, politikus PDIP Eva Kusuma Sundari juga mempertanyakan ketidakhadiran kubu 02 Prabowo-Sandi.

“Kami juga bertanya-tanya walau kami menghormati pilihan untuk tidak hadir. Apapun alasannya, harusnya momen berduka ini tidak dikaitkan dengan politik,” ujar Eva.

Menurut Eva, skarang saatnya bahasa kemanusiaan dimenangkan. Akan banyak nilai positif yang muncul bila kubu 02 hadir apalagi kubu 01 juga banyak yang hadir sehingga suasana bisa semakin mencair.

“Saya yakin situasi akan jauh positif jika mereka juga hadir memberikan penguatan kepada keluarga Pak SBY. Ini merupakan momen terendah dalam keluarga SBY. Semoga mereka (kubu Prabowo) hadir di kemudian hari,” ungkap Eva kepada awak media.

Sementara itu, saat dikonfirmasi wartawan, Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria menyebutkan posisi Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat ini berada di luar negeri sehingga tidak dapat hadir dalam pemakaman Ani Yudhoyono.

“Pak Prabowo dan Sandi, kan berada di luar negeri. Begitu pulang akan segera ke tempat Pak SBY,” katanya.

Kini, mendiang Ibu Negara Republik Indonesia Kristiani Herrawati Yudhoyono (Ani Yudohoyono) telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

SELAMAT JALAN IBU NEGARA ANI YUDHOYONO. [UNI/Marsel]

Related Posts