Urban News

Wisata Rohani  Pena Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa

Wisata Rohani Pena Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa

URBANNEWS.CO .ID – Berada diatas puncak bukit sambil meyaksikan pesona alam dan berbagai bentuk patung yang menggambarkan beberapa kisah atau cerita Alkitab. begitulah keadaanya saat berkunjung ke wisata religi bukit Pena’ di Kecamatan Balla.

Wisata religi tersebut merupakan patung unda maria terbesar di Asia dimana area itu menjadi tempat siara umat katolik di Mamasa bahkan Umat Katolik se-Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara yang dikunjungi saat puncak penghormatan Bunda Maria di Bulan Mei hingga Oktober pada upacara doa Rosario.

Menurut Pengawas Tempat Siara Bukit Pena’ ,Marianus Musu saat ditemui Sulbar Raya dikediamannya, Rabu (1/3/2016). Bangunan tersebut telah mulai didirikan sejak Tahun 1987 dengan tujan, dapat menjadi area wisata religi sekaligus tempat siarah umat Katolik. Dominan pengunjung dari berbagai daerah megatakan patung  Bunda Maria tersebut adalah yang terbesar di Indonesia dengan ketinggian sekitar 30 meter lebih.

Katanya, saat musim siarah tiba pengunjung mampu mencapai 1.000 sampai 3.000 orang belum termasuk wisatawan dan simpatisan lainnya. Anggaran yag digunakan untuk pembangunan area tersebut telah mencapai sekira Rp 2 milliar yang sumber dananya dari swadaya Umat Katolik Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Lebih jauh Marianus menjelaskan, tempat siarah di Bukit Pena’ sangat menarik para wisatawan hanya saja masih ada beberapa kendala yang membuat area tersebut kurang maksimal seperti, jalan dan beberapa bentuk fasilitas lainnya.

“Jika hal itu dapat dibenahi akan memberikan dampak yang baik bagi Kabupaten Mamasa, apalagi Mamasa merupakan destinasi wisata di Sulbar,”ucapnya.

Tiap pengunjung tidak dibebankan tariff atau bentuk pungutan lainnya saat ingin berkunjung ke tempat tersebut sehingga sejumlah warga sekitar suka berkunjung di Bukit Pena’.

Related Posts