Urban News

Mamasa Masih Aman Dari DBD

Mamasa Masih Aman Dari DBD

URBANNEWS.CO.ID – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamasa, Hajai.S Tanga menyatakan, Mamasa masih cukup aman dari ancaman penyakit Demam Berdara Dengue (DBD) maupun virus zika. hal itu dipengarui iklim yang menghambat proses pertumbuhan nyamuk.

Menurut Hajai, walaupun penderita DBD banyak terjadi di berbagai daerah seperti, Polman, Mejene, Mamuju dan beberapa daerah lainnya, kasus tersebut cukup jarang ditemui di setiap pelayanan Kesehatan se-Kabupaten Mamasa.

Katanya, dominan kasus DBD yang ditangani bermula dari daerah lain yang kemudian dirasakan setelah berada di Mamasa. “Biasanya pasien penderita DBD yang ditangani mengaku muali merasakan penyakit ini setelah melakukan kunjungan keluar daerah,”ungkap Hajai ke Sulbar Raya, senin (15/2/2016).

Ia menerangkan, penyakit tersebut dapat menular dari nyamuk sehingga budaya tiga M yakni, menguras bak mandi, mengubur barang bekas dan menutup sumber air  harus tetap dilakukan untuk mencegah perkembang-biakan nyamuk.

Hajai menjelaskan, walaupun iklim Mamasa dapat menghambat pertumbuhan nyamuk namun tidak dapat dipungkiri jenis penyakit itu dapat menyebar di Mamasa sehingga kewaspadaan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan merupakan hal yang utama. (HPR)

Related Posts