Urban News

Ketum PBNU: Program KUR Rp90 Triliun, Kok Rakyat Enggak Dapat?

Ketum PBNU: Program KUR Rp90 Triliun, Kok Rakyat Enggak Dapat?

URBANNEWS.CO.ID – Program kredit usaha rakyat (KUR) puluhan triliun yang didengungkan pemerintah mendapat kritik dari Ketua Umum Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Said Aqil Siradj.

Dia menilai, program KUR yang digadang-gadang bisa membantu usaha rakyat ini tidak menyentuh semua rakyat kecil. Pihaknya mengaku menyaksikan sendiri lantaran tetangga sekitar di kampung halamannya bahkan tidak tersentuh KUR. Padahal, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut ada 19 bank penyalur KUR dengan total Rp103,246 triliun.

“Dulu saya pernah ngomong di depan Pak SBY, ketika saya pulang ke kampung saya tanya ke tetangga saya, enggak ada itu yang terima KUR. Penjual es, tukang tambal ban, enggak ada itu (terima KUR). Ke mana itu KUR yang katanya sampai Rp90 triliun setiap tahun?” paparnya di Kantor Pusat PBNU, Senin (29/2/2016).

Dia merasa heran, mengapa program yang dicanangkan untuk rakyat tidak menjangkau masyarakat kelas bawah. “Ini seperti enggak sampai ke masyarakat bawah (penyaluran KUR), yang salah di mana, macet di mana, sasarannya ke mana, kok rakyat enggak dapat,” cetusnya.

(Sumber Okezone.com)

Related Posts