Urban News

Umat Katolik Mamasa Meriahkan 3 Perayaan Istimewa

Gedung Gereja Katolik Mamasa

MAMASA, URBAN NEWS INDONESIA- Pelaksanaan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-50 Tahun Santo Petrus Mamasa dan pemberkatan gedung gereja akan dilaksanakan pada Kamis, (12/10/2017).

Gereja Katolik Paroki St. Petrus Mamasa telah melalui sejarah yang panjang sejak berdirinya tahun 1967 hingga 2017 saat ini. Paroki yang berpusat di Ibukota Kabupaten Mamasa – Sulawesi Barat ini, telah memiliki 21 Stasi yang terbagi atas 4 (empat) wilayah.

“Berbicara mengenai sejarah Gereja, termasuk dan khususnya sejarah sebuah paroki, tidak dapat dilihat hanya sebagai hasil karya manusia semata. Sejarah pertumbuhan Gereja di suatu daerah dapat dimengerti secara benar hanya apabila dilihat dalam terang iman. Pertumbuhan Gereja Katolik di Mamasa dimulai dengan kedatangan silih-berganti para misionaris untuk mewartakan Kabar Gembira keselamatan Yesus Kristus,” kata Uskup Agung Makassar, Mrg. John Liku Ada’ dalam sambutan buku “Angin Bertiup Mamasa Dalam Kenangan”.

Berusia 50 tahun, Umat Katolik Paroki St. Petrus Mamasa telah mengalami perkembangan pada berbagai sisi, termasuk kuantitasnya yang semakin bertambah. Pembangunan gedung gereja baru yang lebih memadai menjadi jawaban dari kebutuhan umat di pusat paroki saat ini.

Kini, gedung gereja yang bersumber dari berbagai donatur dan kerja keras umat ini, telah berdiri megah di Kota Mamasa. Acara pemberkatan tempat beribadah dan HUT 50 tahun paroki ini akan dipimpin langsung oleh Uskup Agung Makassar, Mrg. Dr. John Liku Ada’, Pr., bersama puluhan pastor dari berbagai paroki.

Kedua acara yang istimewa ini akan dihadiri oleh semua umat Paroki St. Petrus Mamasa dan umat dari berbagai paroki lain seperti Makassar, Toraja, Pare-pare, Polewali, Mamuju, dan sebagainya. Perayaan akan dimeriahkan berbagai kegiatan seni pertunjukan dari dalam dan luar daerah ini, akan dihadiri oleh pemerintah, tokoh-tokoh antar umat beragama, dan berbagai undangan.

Acara Pemberkatan Gedung Gereja akan dimulai dengan perarakan dari Tangsi menuju Gedung Gereja di Randanan yang akan dipimpin langsung oleh Uskup sekitar pukul 08.30 WITA – selesai, (12/10/2017). Setelah misa (ibadah) selesai, akan dilanjutkan dengan seremonial 50 tahun paroki mulai pukul 11.00 WITA – selesai. Lomba Paduan Suara akan dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober mulai pukul 18.00 – selesai.

Setelah acara HUT 50 Tahun Paroki dan Pemberkatan Gedung Gereja Baru di Kota Mamasa (12 – 13 Oktober), kegiatan akan dilanjutkan dengan Perayaan HUT 30 Tahun Ziarah Bukit Pena’ sekaligus Ziarah Umum Keuskupan Angung Makassar mulai 14 – 15 Oktober 2017 di Pena’, Kecamatan Balla.

Pesta Emas, Rumah Ibadah Baru, dan HUT Tempat Ziarah akan memberikan semangat baru bagi Umat Katolik St. Petrus Mamasa dalam menghayati peran dan karyanya mewujudkan semboyan “100% Katolik, 100% Indonesia”. [UNI/MARSELINUS].

Related Posts