Urban News

Presiden Jokowi Lantik Mayjend TNI Djoko Setiadi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara

Presiden Jokowi Lantik Mayjend TNI Djoko Setiadi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara

Jakarta, URBAN NEWS INDONESIA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Mayor Jenderal TNI (Purn) Dr. Djoko Setiadi, M.Si., sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Sebelumnya Djoko Setiadi telah menjabat sebagai Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) mulai 2011 – 2015, untuk periode pertama. Ia kemudian terpilih lagi untuk periode kedua pada 8 Januari 2016 lalu dan dilantik oleh Presiden Jokowi.

Jabatan baru yang dipengang oleh Djoko Setiadi saat ini bukanlah hal yang baru baginya. Pasalnya, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) merupakan revitalisasi dari Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk mengikuti perkembangan dan kondisi terkini. Jika sebelumnya Lemsaneg berada di bawah Kementerian Pertahanan, kedudukan BSSN saat ini berada di bawah Presiden atau setingkat kementrian dalam struktur kenegaraan.

Lembaga BSSN baru didirikan Jokowi berdasarkan Peraturan Presiden No. 53 tahun 2017. Djoko Setiadi pun kembali dipercaya menakhodai lembaga ini karena pengabdian dan pengalamannya di bidang sandi negara, tidak diragukan lagi.

Pengamat hukum dari Universitas Tarumanagara (UNTAR) Dr. Urbanisasi, SH, MH., turut memberi ucapan selamat dan mengapresiasi pilihan Presiden Jokowi melantik Djoko Setiadi sebagai Kepala BSSN. Sebagian sahabat dekat, Urbanisasi tahu persis kualitas dan keahlian yg dimiliki Djoko Setiadi.

“Pak Djoko sudah menjadi Kepala Lemsaneg sejak 2011 hingga 2017, artinya secara pengalaman ia sudah memiliki keahlian akan hal ini apalagi ditambah dengan latar belakang beliau dari TNI. Langkah Pak Presiden Jokowi sudah tepat memilih orang yang tepat untuk membentangi negara kita dari serangan siber terutama Hoax yang merajalela merusak bangsa,” kata Urbanisasi, Jumat, (4/10/2018) saat ditemui di Jakarta. [UNI/Marselinus].

Related Posts