Urban News

Sosok Muda Marsekal TNI Yuyu Sutisna, KSAU Baru Era Jokowi

Sosok Muda Marsekal TNI Yuyu Sutisna, KSAU Baru Era Jokowi

Jakarta, URBAN NEWS INDONESIA – Presiden Joko Widodo “Jokowi” melantik Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Baru Marsekal TNI Yuyu Yustina, S.E., S.Sos., M.M. pada Rabu, 17/01/2017 di Istana Negara.

Pilihan Jokowi mengangkat Yuyu sebagai KSAU baru dipuji banyak kalangan. Jokowi dinilai berhasil meregenerasi kepemimpinan TNI dengan diisi jenderal-jenderal muda berpengalaman.

Pengamat hukum dan militer Dr. Urbanisasi, SH., MH., menilai pilihan Jokowi sangat tepat menunjuk Marsekal Yuyu Sutisna sebagai pimpinan tertinggi tertinggi satuan TNI Angkatan Udara. Pilihan pada perwira tinggi muda menduduki kedudukan strategis menggambarkan visi baru yang hendak dicapai TNI kedepan terutama di era kepemimpinan Jokowi.

“Selain masih usia muda, Marsekal Yuyu adalah sosok perwira tinggi yang sederhana namun profesional, jenjang karir dan rekam jejak beliau selama mengabdi di TNI AU juga termasuk salah satu yang brilian,” kata Urbanisasi di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Menurut dosen Universitas Tarumanegara ini, keputusan Presiden Jokowi mengangkat Marsekal Yuyu menunjukkan komitmen Jokowi membuat perubahan positif dalam tubuh TNI. Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah mengangkat Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI baru yang umurnya masih muda.

“Pak Jokowi mulai memasukkan darah muda di jajaran strategis perwira tinggi TNI, ini langkah sangat tepat dan akan membuat postur TNI makin kuat karena jajaran pimpinannya banyak yang muda dan energik. Langkah Presiden kebanggan kita ini perlu diapresiasi,” ungkap Doktor Hukum jebolan Universitas Hasanudin ini.

Pak Jokowi, lanjut Urbanisasi, paham betul bagaimana mendorong perubahan organisasi di TNI ke arah profesional dengan menempatkan jenderal-jenderal muda sebagai pimpinan satuan maupun panglima pilihan.

“Tantangan kita ke depan adalah perang asimetris dengan teknologi digital, jika pimpinan TNI tidak segera merespon perubahan ini, maka kita akan kalah dengan negara lain dalam hal kekuatan,” kata direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Pengacara Indonesia ini.

Menurut Urbanisasi, Yuyu merupakan salah satu perwira tinggi bintang tiga lulusan AAU 1996 yang dimiliki oleh TNI AU.  Ia punya visi yang sepadan dengan cita-cita TNI mengawal Indonesia sebagai poros negara maritim dunia dalam pengamanan wilayah perairan.

Sebelumnya, Marsekal TNI Yuyu Sutisna menjabat sebagai Wakil Staf TNI Angkatan Udara mendampingi Marsekal Hadi Tjahjanto. Marsekal Hadi kemudian dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Jokowi pada 8 Desember 2017 lalu, sehingga kekosongan KSAU kini dijabat oleh Marsekal Yuyu.

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna merupakan keahiran Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, 10 Juni 1962. Ia merupakan angkatan 1986 dalam masa dinasnya sebagai anggota TNI Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI).

Adapun Yuyu dikenal sebagai figur dengan pengalaman panjang di TNI. Ia pernah bertugas baik di Indonesia maupun di luar negeri. Sebagai contoh, ia sempat menjadi Atase Pertahanan Republik Indonesia di Washington DC, Amerika Serikat.

Selain itu, ia juga mantan pilot pesawat tempur dengan jam terbang menyentuh angka 2000. Ia dulu menerbangkan jet tempur F-5E/ F Tiger II Skuadaron Udara 14 Wing 3 Pangkalan Udara Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur. Yuyu juga pernah menjadi Kas Koopsau II tahun 2014. [UNI/Tim].

Related Posts