Urban News

Bersama MA, Presiden KAI Sosialisasikan tentang E-Court Pada Para Advokatnya 

Bersama MA, Presiden KAI Sosialisasikan tentang E-Court Pada Para Advokatnya 

Jakarta, URBAN NEWS INDONESIA – Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI) memberikan sosialisasi terkait e-Court kepada para Advokat KAI.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 211 orang peserta yang terdiri dari Para Pimpinan DPP KAI serta para pimpinan DPD dan DPC KAI dari seluruh Indonesia yang berlangsung di iNews Tower, Kebon Sirih, Jumat, (21/09/2018).

Sosilalisasi terkait data Advokat yang dapat diakses melalui media elektronik ini merupakan bentuk kerjasama antara KAI dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam rangka mensosialisasikan SEMA, SKMA, dan PERMA termasuk PERMA nomor 3 Tahun 2018 tentang e-Court.

Dilansir dari portal kai.or.id, Presiden KAI ADV. H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, SH. MH. CLA. CIL. CLI. CRA. pada pidatonya menjelaskan bahwa verifikasi BAS (Berita Acara Sumpah) mestinya tidak dilakukan secara manual. “bisa dilakukan secara otomatis,” ungkap Tjoetjoe.

Tjoetjoe juga menyebutkan bahwa organisasi advokat yang ditampilkan di situs resmi e-Court haruslah organisasi yang sudah lolos verifikasi. “Organisasi Advokat seharusnya tidak perlu ditulis secara manual, melainkan sudah ada pilihannya, dan harus sudah lolos verifikasi Administrasi Hukum Umum, Pembayaran Pajaknya serta legalitas lainnya.” kata Tjoetjoe menjelaskan. 

Presiden KAI yang dikenal dengan banyak terobosannya ini, khususnya di dalam organisasi advokat yang dipimpinnya juga menyarankan agar secara teknis di lembar profil seharusnya ada penambahan kolom unggah agar advokat wajib mengupload NPWP, SPT, dan Sertifikat Kompetensi. “Setidaknya bisa dibuat dua buah button upload,” jelas Tjoetjoe.

Lebih lanjut, Tjoetjoe juga menyoroti fenomena saat ini dikalangan advokat yakni munculnya beberapa organisasi advokat yang legalitasnya tidak jelas. “Verifikasi Organisasi Advokat penting, karena ada juga yang mendirikan organisasi cenderung asal-asalan, menggunakan nama mobil, nama burung, nama batu permata dan lain sebagainya,” ujar Tjoetjoe yang disambut tawa para peserta.

Mewakili KAI, Tjoetjoe mengucapkan terima kasih dan hormat kepada YM Ketua MA yang telah berkenan mengutus Kepala Biro Hukum, Humas dan IT MA, Dr. Abdullah, SH. MSi. untuk menyampaikan sosialisasi eCourt kepada para Advokat KAI. Hal ini akan menambah informasi dan pengetahuan para Advokat KAI untuk memanfaatkan e-Court yang telah disediakan oleh negara bagi para advokat di Indonesia. [UNI/Tim).

Related Posts