Urban News

Kerang Bakar Bensin, Sajian Khas Musim Panas Warga Korea Utara

Kerang Bakar Bensin, Sajian Khas Musim Panas Warga Korea Utara

URBANNEWS.CO.ID – Mau tahu hidangan apa yang biasa dimakan oleh penduduk Korea Utara? Menurut USA Today, hidangan Korea Utara, meskipun bervariasi di setiap daerah, tetapi pada dasarnya cukup mirip dengan makanan yang biasa dimakan oleh penduduk Korea Selatan.

Makanan di negeri pimpinan Kim Jong Un tersebut umumnya terdiri dari mi yang disebut naung-myon, tofu, nasi, dan bubur. Daging unggas dan sapi juga termasuk bahan makanan yang biasa dipakai dalam hidangan di restoran-restoran serta rumah tangga Pyongyang.

Sementara itu masyarakat kelas menengah ke bawah di Korea Utara punya hidangan istimewa sendiri, yaitu kerang bakar bensin. Keberadaan makanan ini dilaporkan oleh seorang reporter asal Jepang bernama Kuzo yang sempat mencicipinya dalam kunjungan wisata ke ibukota Korea Utara.

Menurut pemandu wisata Kuzo seperti dikutip Rocketnews24, makanan ini dibuat dengan cara membakar kerang segar di atas bara api berbahan bakar bensin. Kerang segar yang masih bercangkang diletakkan di atas tumpukan batu kerikil, kemudian disiram dengan sebotol bensin isi 500 ml dan kemudian disulut api. Jika api sudah padam dengan sendirinya, kira-kira lima menit kemudian, cangkangnya sudah terbuka dan kerang siap disantap.

Meskipun metode memasak ini tampak berisiko bagi kesehatan, menurut Kuzo rasa kerang bakar bensin ini cukup lezat, sama sekali tak terasa seperti bahan bakar kendaraan namun agak mentah.

Menurut pemandu wisata yang mendampingi Kuzo, makanan ini biasa dimakan oleh penduduk Korea Utara pada saat cuaca hangat. Mungkin sama seperti BBQ yang biasa disiapkan oleh orang-orang Eropa dan Amerika. Sebab masakan ini harus disiapkan di luar ruangan agar tidak menimbulkan asap yang dapat mengganggu pernapasan. Jadi saat musim dingin, di mana cuaca cenderung terlalu dingin, warga Korea lebih memilih makanan yang bisa disiapkan di dalam rumah.

Apakah tidak berbahaya memakan hidangan laut setengah matang yang dimasak dengan bensin? Menurut pemandu Kuzo, memang terjadi beberapa kasus keracunan. Tetapi itu karena si korban keracunan tidak meminum soju (arak Korea). Kebanyakan orang Korea Utara percaya kalau kerang bakar bensin ini harus dimakan sambil minum sjou untuk menetralisir racun dan bakteri dalam kerang setengah matang yang bisa menyebabkan keracunan. (Gvn)

Related Posts