Urban News

Kuliner Bogor dan Bandung  Siap Menyerbu Pasar Malaysia

Kuliner Bogor dan Bandung Siap Menyerbu Pasar Malaysia

URBANNEWS.CO.ID – Indonesia adalah gudang bagi beragam kuliner lezat. Tiap daerah di Indonesia memiliki sajian khas yang kerap menjadi buah tangan bagi wisatawan yang datang. Hal inilah mendorong Menteri Pariwisata, Arief Yahya, gencar mempromosikan kuliner asli Indonesia ke pasar dunia, salah satunya adalah pasar Malaysia.

“Edisi awal, makanan Bandung dan Bogor yang akan dipromosikan di Go ASEAN Channel Astro TV Malaysia,” ungkap Menteri Arief.

Pemilihan kuliner Bandung dan Bogor bukan tanpa sebab menurut informasi yang diterima, Selasa (16/2/2016). Menteri Arief menjelaskan, dua daerah tersebut sudah memiliki hubungan yang baik dengan Malaysia. Pesawat Air Asia sudah melayani rute langsung Kuala Lumpur – Bandung, sedangkan Bogor telah dilengkapi jalan tol darat, dan banyak wisatawan mancanegara yang datang sehingga mengenal kuliner Bogor.

Sementara itu, pemilihan Go ASEAN Channel Astro TV Malaysia sebagai saluran televisi promosi kuliner bukan tanpa sebab. Popularitas channel tersebut dianggap tak kalah dengan Asian Food Channel, yang mempublikasikan Discovery Perak dan Chef Wan, salah satu acara kuliner Malaysia.

“Indonesia harus memanfaatkan ini. Kita jangan kalah dari Malaysia yang mampu hadir secara masif di televisi-televisi di seluruh dunia,” kata Menteri Arief.

Menurut Arief Yahya, Indonesia kaya kuliner. Hanya cara mengemas dan gaya kemasannya yang belum berorientasi global. Indonesia perlu belajar dari Malaysia. Malaysia mahir mengemas Nasi . Padahal Rendang dan Nasi Campur Indonesia jika dibandingkan dengan Nasi Lemak tidak kalah nikmat.

“Bedanya, mereka mempromosikan kulinernya, kita tidak. Sekarang kita akan all out untuk promosikan berbagai jenis kuliner yang masuk di selera negara tetangga,” ungkap Menteri Arief.

 (Sumber Liputan6.com)

Related Posts