Urban News

Pemuda Perantau Mamasa Di Jakarta Bentuk IKPERMA Sebagai Wadah Pemersatu

Pemuda Perantau Mamasa Di Jakarta Bentuk IKPERMA Sebagai Wadah Pemersatu

Jakarta, URBAN NEWS INDONESIA – Beberapa pemuda dari Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat yang tinggal di Jakarta menjadi penginisiatif pembentukan wadah pemersatu untuk semua perantau Kabupaten Mamasa di seluruh dunia. Setelah melalui proses kajian dan persiapan untuk menyatukan tekat mempererat ikatan persaudaraan antar perantau, akhirnya para penggagas ini melaksanakan Musyawarah Besar pertama di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Sabtu (14/04/2018).

Musyawarah dan mufakat yang berjalan alot menghasilkan beberapa keputusan penting diantaranya nama organisasi ini Ikatan Pemuda Perantau Mamasa disingkat IKPERMA. Nama yang dituangkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) ini memiliki makna mendalam untuk menjadi suatu organisasi yang dapat mewadahi semua pemuda dari Mamasa, baik yang bekerja maupun yang sedang menuntut ilmu (red: sekolah/kuliah) di luar wilayah Kabupaten Mamasa.

Visi yang hendak dicapai dari IKPERMA yakni ‘Pemuda Perantau Wujudkan Persatuan dan Kemajuan Mamasa’. Cita-cita ini berpangkal dari motto ‘Mesa Kada Dipotuo Pantan Kada Dipomate’ (red: bahasa daerah Mamasa), yakni pemuda perantau ingin mewujudkan persatuan dan persaudaraan antar generasi muda secara nyata dan berupaya memberikan kontribusi positif dan kreatif untuk kemajuan Kabupaten Mamasa kedepan.

Kepengurusan IKPERMA dibentuk dari tingkat pusat hingga daerah dan luar negeri. Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) berkedudukan di Ibukota Negara (red: Jakarta), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) akan berkedudukan di Ibukota Provinsi, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) akan berkedudukan di Kabupaten/Kota, dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) untuk cabang IKPERMA di luar negeri. Organisasi ini membuka pintu selebar-lebarnya bagi semua Pemuda Perantau Mamasa di seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri untuk ikut bergabung membentuk kepengurusan di daerah perantauan masing-masing.

Pengurus DPP IKPERMA saat ini dipimpin oleh beberapa tokoh muda Mamasa yang berkedudukan di Jakarta dan sekitarnya. Berdasarkan kesepakatan Musyawarah, mereka diantaranya:

  • Ketua Umum : Adi Christianto Depparinding, S.Ip., M.Si., yang kini bekerja sebagai Sekretaris Ketua MPR RI.
  • Ketua Harian : Frengky Richard Mesakaraeng, SH., yang berprofesi sebagai Advokat.
  • Sekretaris Jenderal : Victor Pualillin, S.Ip., M.Si., yang kini bekerja sebagai Staf Protokoler DPD RI.
  • Sekretaris Harian : Marselinus, S.E., M.M., yang kini bekerja sebagai Manajer Kantor di Urban Law Office & Partners dan sedang kuliah melengkapi Hukum.
  • Bendahara Umum : Isnaniar Ramlan Badawi (menunggu konfirmasi kesediaan), yang kini sebagai Mahasiswa tingkat akhir pada salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta (red: Ukrida).
  • Pengurus departemen-departemen sedang dilengkapi sebelum pelaksanaan Pelantikan Pengurus dan Rancangan Kerja. Salah satu diantaranya yang sudah siap yakni Ketua Departemen Hukum dan Keorganisasisan : Vecky Demmanongkan, SH., yang juga berprofesi sebagai Advokat.

Juru bicara IKPERMA sekaligus Sekretaris Harian, Marselinus mengungkapkan, pada struktur organisasi ini masih memiliki tingkatan di atas DPP, yaitu Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) dan Pelindung Organisasi. MPO IKPERMA dipilih dari tokoh-tokoh perantau Mamasa (red: orang tua/senior) di Jakarta dan sekitarnya, sedangkan Pelindung Organisasi diisi oleh Bupati Mamasa dan Ketua DPRD Kabupaten Mamasa.

Lebih lanjut, pihaknya akan mengundang Bupati Mamasa, Ketua DPRD Kabupaten Mamasa, dan Segenap MPO untuk menghadiri Pelantikan dan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) yang akan dilaksanakan bulan Mei mendatang. “Selain pejabat daerah dan Penasehat IKPERMA dalam hal ini MPO, bukan tidak mungkin, kita juga akan mengundang tokoh-tokoh nasional atau pejabat negara seperti Ketua MPR RI untuk hadir di acara nanti agar Mamasa semakin dikenal. Calon Bupati dan Wakil Bupati Mamasa pun bisa saja kita undang. Semua tergantung persiapan dan kondisinya,” kata Marselinus.

Marselinus yang sudah malang melintang di dunia organisasi kampus dan daerah, mulai dari pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa, GEMA P.U.S Makassar, KMKM Makassar, hingga membentuk KEMA JOGJA dan membangun IPMASA Yogyakarta, optimis IKPERMA ini akan menjadi organisasi besar dan memiliki manfaat yang baik dalam membangun persatuan dan kebersamaan serta menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan kemajuan Mamasa.

“Terlepas dari semua kepentingan dan perbedaan kontestasi politik apapun di daerah dari tahun ke tahun, kami Perantau Mamasa di daerah orang harus tetap menjalin persatuan, persaudaraan yang erat, dan selalu saling mendukung satu sama lain. Kami juga harus punya peran yang nyata dalam mengupayakan kemajuan daerah, baik melalui dukungan dan kerjasama dengan pihak pemerintah daerah di Mamasa maupun bentuk kreativitas kami sendiri yang akan dituangkan dalam program kerja yang kreatif dan inovatif,” ungkap Marselinus ke awak media, Senin (16/04/18). [UNI/MRS].

Related Posts