Urban News

ASIAN GAMES 2018 Jakarta & Palembang: Energy Of Asia

 Jakarta, URBAN NEWS INDONESIA– Pelaksanaan Asian Games 2018 di Indonesia sudah di depan mata yakni 76 hari lagi sejak berita ini diturunkan. Asian Games ke 18 ini akan di laksanakan pada dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang yang acara pembukannya di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (18/8/2018) mendatang atau sehari setelah peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Asian Games merupakan milti-event olahraga terbesar di Asia dan terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade. Kegiatan yang pertama kali diselenggarakan di Delhi, India pada 4-11 Maret tanun 1951 ini selalu diikuti oleh banyak negara-negara Asia. Latar belakang itulah yang menjadi salah satu dasar untuk mengambil tema Asian Games 2018 sebagai Energy of Asia.

Event empat tahunan ini diharapkan bukan sekedar berkompetisi untuk menjadi pemenang, tetapi ada makna yang lebih dalam yakni membangun hubugan yang semakin erat antar anggota Negara Asia.

Di Indonesia sendiri, Asian Games pertama kali dilaksnakan pada tahun 1962 yang diinisiasi oleh Bung Karno dan sebagai alasan dibangunnya berbagai fasilitas yang masih dapat dinikmati hingga hari ini. Diantaranya Stadion Gelora Bung Karno, Gedung TVRI, Hotel Indonesia, Persimpangan Semanggih, dan Monumen Selamat Datang.

Kegiatan Asian Games kali ini sedikit unik dari segi waktunya yaitu tepat pada tanggal 18, bulan 8, tahun 2018, dan yang ke-18. Asian Games 2018 yang sia diadakan di dua kota besar ini akan diikuti oleh kurang lebih 15.000 atlet dan kontingen, 13.000 volunters dengan melibatkan 5.000 media untuk pelaksanaan 463 events dan 67 bidang kegiatan serta 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Terdapat kurang lebih 45 negara yang akan ikut ambil bagian termasuk Korea Selatan, Jepang, China, Singapura, Uni Emirat Arab, dan sebagainya. Asian Games 2018 menggunakan logo busur beragam warna sebagai cerminan budaya yang beragam di Asia dan Indonesia.

Maskot Asian Games 2018 menggunakan gambar yang indah dengan nama Bhim Bhim, Utung, dan Kaka. Karakter Bhin Bhin merepresentasikan strategi dan terinspirasi dari cenderawasih. Burung cenderawasih termasuk hewan yang dilindungi di Indonesia karena habitatnya telah rusak dan jumlahnya semakin berkurang akibat dari perburuan.

Karakter Atung terinspirasi dari rusa Bawean yang hanya dapat ditemui di Pulau Bawean, Jawa Timur dan merepresentasikan kecepatan. Sedangkan karakter Kaka merepresentasikan kekuatan dan terinspirasi dari badak bercula satu. Saat ini badak bercula satu temasuk hewan langkah yang dilindungi dan mereka tinggal di daerah Ujung Kulon, Jwa Barat.

Kegiatan Asian Games 2018 akan diawali oleh etafet api obor keliling Indonesia sebagai simbol pertemanan dan semangat Asian Games 2018 di seluruh penjuru Indonesia. Api obor Asian Games selalu berasal dari India sebagai negara tuan rumah Asian Games pertama. Api akan dibawa dari India ke Indonesia menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara Boeing 737.

Selamat menyambut dan melaksanakan ASIAN GAMES 2018 Jakarta dan Palembang. Semoga sukses dan memiliki makna yang mendalam bagi semua pihak termasuk menjadi energi baru bagi Asia dan Indonesia. [UNI/Marsel].

Related Posts