Urban News

Diantar Ribuan Massa Pendukungnya, Pasangan OND-BYD Ke KPU Mamasa

Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Mamasa 2018-2023 Obednego Depparinding dan Benyamin YD (OND-BYD) bersama pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Syarifuddin Nur saat tiba di Mamasa dan berkonsultasi ke KPUD Mamasa. [Foto: Dallek].

Mamasa, URBAN NEWS INDONESIA – Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Mamasa Obednego Depparinding – Benyamin YD (OND-BYD) dengan iring-iringan ribuan massa pendukungnya tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamasa, Rabu (10/1/2017) tepat pukul 23.30 wita.

Kehadiran OND-BYD di KPU Mamasa untuk melakukan konfirmasi terkait mekanisme pendaftaran calon bupati dan wakil bupati  Mamasa dalam pesta demokrasi Pilkada Serentak 2018. Kehadiran OND-BYD dan tim pemenangannya disambut baik oleh Ketua KPUD Mamasa, Suryani T Dellumaja bersama jajarannya dengan memberikan arahan sesuai dengan mekanisme undang-undang yang berlaku.

Sebelumnya OND-BYD berangkat dari Jakarta pagi hari bersama rombongan kemudian dijemput ribuan massa pendukungnya di daerah T’o Pinus, Balabatu. Namun di luar dugaan secara spontanitas ribuan massa pendukungnya turun ke jalan mulai dari wilayah perbatasan Polman-Mamasa hingga sampai di Kota Mamasa. Tampak dalam rombongan putra Gubernur Sulbar Andi Ian Rusali Masdar mengiringi OND-BYD menuju KPUD Mamasa.

Tak tanggung-tanggung, OND-BYD dalam rombongannya dari Jakarta memboyong pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Syarifuddin Nur dan Wasekjen DPN PKPI, Fatmudaeng Parawangsa. Kehadiran pengurus PKPI ini memberi sinyal bahwa OND-BYD akan mengendarai partai ini dalam kontestasi Pilkada Mamasa 2018.

Saat dikonfirmasi terkait partai pengusungnya pihak OND-BYD yang diwakili David Bambalayuk (DBL) enggan berkomentar banyak terkait partai posisi PKPI atau partai pendukung yang masih menjadi tanda tanya. David hanya menegaskan jika partai Gerindra dan Hanura mutlak mengusung pasangan OND-BYD ditambah dengan partai lain yang sedang mengurus adminitrasinya baik di internal partai maupun di KPUD Mamasa. David menyatakan ini masih rahasia dan strategi tim OND-BYD.

Menjawab pertayaan wartawan terkait partai yang merekomendasi dirinya, Obednego Depparinding menyampaikan akan direkomendasi oleh Gerindra, Hanura, PKPI. Pernyataan Obed dibenarkan juga salah satu ketua DPN PKPI, Syarifuddin Nur, Syarif menyebut bahwa partainya bakal mengantarkan OND-BYD mendaftar di KPU Mamasa pada masa perpanjangan waktu yang telah ditentukan oleh KPU Mamasa selama 3 hari kedepan.

Sebagaimana diketahui, sehari sebelumnya (9/1/2017), bakal calon petahana Ramlan Badawi – Martinus Tiranda (RB-MT) telah mendaftar di KPUD Mamasa dengan menggunakan koalisi 10 partai politik termasuk PKPI. Pasangan RB-MT berpeluang menjadi calon tunggal di Pilkada Mamasa 2018 karena sisa kuota suara partai yang belum dipakai mendaftar di KPUD Mamasa (red: Gerindra dan Hanura) tidak mencapai 20% atau hanya 5 kursi suara di DPRD Mamasa. Sementara aturan KPU, batas minimal suara partai politik atau gabungan partai politik minimal 20% atau setara dengan 6 kursi di DPRD.

Untuk bisa maju ke tahap berikutnya, OND-BYD harus memiliki rekomendasi tambahan dari salah satu partai politik yang sebelumnya telah digunakan RB-MT saat mendaftar di KPUD Mamasa. Hal ini dapat terjadi jika ada salah satu partai politik yang menarik rekomendasinya dari RB-MT kemudian berkoalisi dengan Gerindra dan Hanura yang sudah lebih dahulu memberikan rekomendasinya untuk OND-BYD. Namun apakah ada partai yang akan mencabut kembali rekomendasi yang telah dikeluarkannya, itu masih rana internal masing-masing partai bersangkutan.

Menjawab pertanyaan awak media terkait rekomendasi partai PKPI yg sebelumnya telah digunakan oleh RB-MT, ketua KPU Mamasa, Suriani menjelaskan bahwa partai masih bisa menarik dukungannya sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU No 15 tahun 2017 pasal 102. [UNI/Red].

 

Penulis : Dallek

Editor: Tim Redaksi/URBAN NEWS INDONESIA

Related Posts