Urban News

Bupati Mamasa Ramlan Badawi Raih Gelar Doktor Ilmu Manajemen

Bupati Mamasa H. Ramlan Badawi dihadapan Penguji Promosi Doktor pada Universitas Persada Indonesia YAI

Jakarta, URBAN NEWS INDONESIA – Dr. Drs. H. Ramlan Badawi, MH., Berhasil meraih gelar Doktor ilmu manajemen usai mempertahankan disertasinya dihadapan penguji Promosi Doktor pada Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Persada Indonesia YAI, di Jakarta, Kamis (27/09/2018).

Determinan Motivasi Kinerja dan Implikasinya Terhadap Kinerja Pegawai SKPD Kabupaten Mamasa, sebagai judul Penelitian ilmiah ini dititik beratkan pada motivasi kerja, gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di lingkup Kabupaten Mamasa.

Tim penguji yang disiapkan Doktoral Ilmu Manajemen Universitas Persada Indonesia YAI yakni Prof. Ir. Sri Astuti Indriyanti, MS., Ph.D, Ketua Promotor Prof. Dr. Ismuhadjar, SE., MM., serta anggota Tim Co-Promotor I Dr. Ir. Yuli Zain, MM., anggota Tim Co-Promotor II Dr. Alex Zami, SE., MM., Oponen Ahli Dr. Marhalinda, SE., MM., dan sebagai guru besar Prof. Dr. Hamdy Hady, DEA. Berdasarkan penilaian penguji, Ramlan Badawi dinyatakan ‘Lulus’ dengan menyandang predikat ‘Memuaskan’ saat dikukuhkan melalui yudisum menjadi doktor baru.

Dihadapan penguji dan tamu undangan, Ramlan Badawi berhasil meyakinkan bahwa peningkatan kinerja pegawai akan berhasil apabila motivasi kerja pegawai, lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, serta budaya kerjanya baik. Ilmu dari riset ini akan ia implementasikan dalam posisinya sebagai Bupati Mamasa pada periode 5 tahun kedepan guna meningkatkan kinerja pegawai yang berpangkal pada pelayanan masyarakat dan pembangunan daerah.

Sebagai ungkapan syukur atas pendidikan tertinggi ini, Ramlan dalam pidato ilmiahnya juga berjanji akan memajukan sektor pendidikan di Kabupaten Mamasa. Salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada Putra-Putri Mamasa yang ingin melanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi S2 atau S3.

Beberapa tokoh masyarakat Mamasa di Jakarta turut hadir dalam sidang promosi Doktor Ramlan Badawi ini diantaranya Marsekal Muda TNI (Purn) Masmun Yan Manggesa, SE., MBA., dan Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Pengacara Indonesia Dr. Urbanisasi, SH., MH., CLA., CIL. Dalam wawancaranya usai acara, Urbanisasi mengapresiasi semangat Ramlan Badawi yang memotivasi masyarakat Mamasa khususnya generasi muda untuk memperjuangkan pendidikan tanpa mengenal usia dan jabatan.

“Pak Ramlan yang notabenenya sudah berada pada puncak karir tertinggi di daerah dan umur sudah tidak muda, namun ia masih memiliki semangat untuk meraih pendidikan tertinggi. Ini yang harus diteladani di duplikasi oleh masyarakat Mamasa terutama kaum muda untuk semakin semangat menempuh pendidikan dan meraih cita-cita,” ungkap lulusan Doktor Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin ini.

Lebih jauh, Urbanisasi berharap dengan diraihnya gelar dan ilmu baru bidang manajemen ini, Ramlan Badawi dapat meningkatkan kinerjanya sebagai Bupati Mamasa untuk memajukan Mamasa pada periode keduanya. Urbanisasi beranggapan bahwa gelar Doktor Manajemen sangat relevan dengan posisi sebagai pemimpin tertinggi daerah untuk dapat meningkatkan sumber daya manusia yang kompeten demi kemajuan Mamasa, sehingga ini menjadi harapan baru bagi masyarakat yang menaruh harapan pada beliau yg juga adalah Kepala Daerah.

“Disatu sisi kita patut bangga karena bertambah lagi seorang ahli dibidang Managemen di Mamasa melalui ilmu dan kompetensi sebagai Doktor manajemen. Namun di sisi lain juga gelar ini tidak boleh sekedar nama, tapi ada tugas, tanggung jawab serta kewajiban yang melekat di dalamnya yaitu mengimplementasikan ilmu itu sendiri,” tegas Urban yang juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Taruma Nagara Jakarta.

Saat ditanya soal pandangannya politiknya terhadap Ramlan Badawi yang bertentangan pilihan pada Pilkada Mamasa 2018, Urbanisasi menegaskan bahwa dirinya menghargai hasil pilihan suara terbanyak masyarakat Mamasa. Pihaknya memberikan kesempatan kepada Ramlan Badawi untuk membuktikan bahwa keilmuan yang baru saja diraihnya benar-benar digunakan untuk membangun Mamasa lebih baik kedepan di sisa periodenya.

“Jangan melihat bahwa Saya dan Pak Ramlan beda trah politik dalam Pilkada Mamasa kemarin. Itu sudah berlalu dan ternyata sebagian masyarakat Mamasa masih menginginkannya sebagai Bupati Mamasa, sehingga saya harus menerima kenyataan ini, tetapi perjuangan saya bersama masyarakat untuk memajukan Mamasa tidak akan pernah berhenti. Saya bersama masyarakat akan mengawal kepemimpinannya diperiode ini, kalau memang baik dan ada perubahan positif, kenapa mesti tidak kita apresiasi, siapapun pemimpinnya harus kita dukung dalam memajukan Mamasa,” kata Urbanisasi mengakhiri perbincangannya. [UNI/Marselinus].

Related Posts